Ad Code

Responsive Advertisement

7 Makanan Terbaik Untuk Otak

Inilah 7 Makanan Terbaik Untuk Otak :

1. SAYURAN HIJAU



  ~ Kubis, bayam, dan kangkung, adalah sayuran hijau yang sangat baik bagi pertumbuhan otak anak dan orang dewasa. Sayuran ini mengandung vitamin B6, B12, dan asam folat. Fungsinya untuk mampu meningkatkan daya ingat dan memproses informasi yang telah dipelajari sebelumnya. Vitamin ini dibutuhkan otak untuk mencegah demensia (penyakit lupa) dan Alzheimer. Sayuran hijau juga kaya zat besi yang penting bagi tubuh.

2. IKAN



  ~ Memakan ikan sangat baik bagi otak karena mengandung banyak omega-3. Mengonsumsi ikan secara teratur ternyata dapat menurangi risiko terkena penyakit Alzheimer. Konsumsi omega-3 juga membuat suplai oksigen melimpah ke otak. Otak dapat menerima informasi baru sekaligus memproses ingatan lama. beberapa jenis ikan laut dengan kandungan omega-3 yang banyak dijual di pasaran Indonesia adalah ikan tuna, tongkol, tenggiri, layang, ikan kembung, dan ikan lemuru. Ikan salmon dan ikan haring juga sangat baik, namun ikan-ikan tersebut sangat jarang dijual di Indonesia.

3. COKELAT



  ~ Apakah kamu suka makan cokelat? Ada kabar baik bagi pecinta cokelat, baik yang dikonsumsi sebagai minuman atau makanan, tidak hanya lezat tetapi juga mengandung banyak nutrisi bagi otak. Antioksidan utama dalam cokelat adalah flavonols. Zat ini berperan penting untuk menningkatkan aliran darah ke otak. Para ilmuan telah membuktikan bahwa kandungan antioksidan dalam cokelat jauh lebih kuat dibandingkan yang lainnya.

4. TELUR



  ~ Bertambah usia membuat otak manusia cenderung mengecil. Hal ini disebut jugga brain areophy (kerusakan sel-sel otak). Konsumsi telur secara teratur dapat mengurangi proses alami ini karena telur mengandung vitamin B12 dan lesitin.
  ~ Vitamin B12 membantu melawan efek pengecilan otak yang sering dialami para penderita Alzheimer. Kuning telur yang mengandung kolesterol, ternyata berguna memiliki kolin yang berperan membangun sel otak dan meningkatkan kemampuan mengingat. Telur tidak baik dikonsumsi berlebihan. Disarankan untuk mengkonsumsi satu telur perhari.

5. KACANG-KACANG DAN BIJI-BIJIAN



  ~ Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang tanah, kacang mente, kacang kenari, dan biji bunga matahari, kaya akan omega-3 dan 6, asam folat, vitamin E, dan vitamin B6 yang membantu otak berpikir lebih cepat dan jernih. Omega-3 dan 6 juga bisa menjadi antidepresan alami agar kita mampu berpiir lebih positif.
  ~ Beberapa jenis kacang dan biji-bijian juga banyak mengandung tiain (Vitamin B1) dan magnesium yang bagus untuk daya ingat dan fungsi kognitif otak.

6. TEH, KHUSUSNYA TEH HIJAU



  ~ Teh hijau atau teh hitam sangat baik untuk otak karena mengandung catechin, yaitu antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh.
  ~ Kelelahan dan otak malas berpikir, mungkin terjadi karena kita kekurangan asupan catechin untuk otak. Catechin membuat otak tetap tajam, segar, dan berfungsi maksimal. Zat ini juga mampu membuat tubuh dan pikiran terasa rileks dan mengurangi kelelahan mental. Khasiat teh hijau lebih baik dibandingkan teh hitam, tetapi keduanya tetap sama baik bila dikonsumsi.

7. BUAH BERI



  ~ Buah beri mengandung banyak antioksidan yang membantu mejaga kesehatan otak. Keluarga buah beri, seperti blueberries, sangat baik untuk meningkatkan kemampuan motorik dan belajar. Kandungan fisetin dan flavonoid (antioksidan) yang ada pada buah beri membantu meningkatkan kemampuan ingatan
  ~ Mengunsomsi buah beri secara rutin tiap hari dapat mengatasi atau mengurangi efek penurunan fungsi otak.
Reactions

Posting Komentar

1 Komentar

  1. No.2 paling favorite. Menu mkn yg akan dipilih kalau ada pilihan antar ikan atau ayam ya langsung pilih ikannn

    BalasHapus